Selasa, 08 November 2011

Tips Agar Mudah Bangun Shalat Malam

mungkin kita sering sekali mengalami yang namanya susah untuk bangun malam.  Apa lagi untuk sholat malam uh… itu mah susahnya minta ampun. Saya sering sekali mendengar keluhan teman-teman saya karena susahnya untuk bangun. disini saya akan memberikan tips bagaimana agar kita bisa bangun malam. sebagian para ulama, mengatakan, ada beberapa hal yang bisa membantu seseorang agar dapat menjalankan sholat malam, diantaranya adalah:
  • memperkecil perbuatan maksiat disiang hari.
seseorang berkata kepada Hasan, “Wahai Abu Sa’id, mengapa aku tidak bisa shalat malam?.” Dia menjawab, “ demi Alloh, kesalahn dan kemaksiatan yang kamu lakukan di siang hari telah mengikatmu.” maksudnya disini adalah bila kita melakukan adi siang hari maka dosa itu akan membuatmu susah saat anda ingin bangun tidur.
  • Membaca wirid sebagaimana yang diajarkan Rasululloh saw. kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah r.a.
yaitu membaca tasbih (subhanallah) sebanyak 33 kali, tahmid (ahlamdulillah) sebanyak 33 kali, takbir (allohu akbar) sebanyak 33 kali. (HR Bukhari )
  • Hendaknya tidak begadang sampai larut malam.
karena pada masa sekarang, banyak orang yang tidak tidur di malam hari hanya untuk menumpuk dosa dan melakukan sesuatu yang tidak diridhai Alloh swt. Bagaimana mungkin bisa bangun kalau mereka tidur jam 12 atau jam1 malam, sementara pada jam-jam itu merupakan saat yang terbaik untuk melaksanakan shalat sebagaimanayang sering dilakukan salafush shalih.
  • Membiasakan tidur “qailulah”
qailulah itu adalah tidur sebentar di siang hari sebelum atau sesudah zhuhur sebagai persiapan untuk melaksanakan shalot malam dan menggapai ridha Alloh swt.
Sholat malam merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan Rasululloh saw. dan menjadi syiar Islam di masa sekarang, dimana banyak orang yang melepas imannya, enggan melakukan muhasabah (mengevaluasi diri), dan jauh dari Alloh swt.
  • Memikirkan tanda-tanda kebesaran Alloh swt
Alloh swt. berfirman:
sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-ornag yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Alloh sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engaku, maka peliharalah kami dari siksa neraka” (Ali Imran: 190-191)
berfikir atas kebesara Alloh swt. akan sdapat menjadi kendali bagimu untuk mengabdikan diri kepada-Nya. inilah bentuk pengabdian yang dilakukan orang-orang shalih, dimana mereka senantiasa memikirkan setiap tanda-tanda kebesaran Alloh swt. yang terbentang di jagad raya ini. mereka berfikir ciptaan Alloh set, mereka berfikir kejadian langit dan bumi. dengan cara demikian mereka akan kembali kepada Alloh swt. dan terpatri dalam kalbunya keyakinan dan keimana yang kokoh.
semoga shalawat dan salam tetap  tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw. keluarga beserta sahabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar