Kamis, 08 September 2011

Wanita & Terapi Kegelisahan

Nasihat-nasihat Penting untuk Menghalau Kegelisahan dan Meraih Kebahagiaan:
1
1.    “Jagalah Alloh niscaya Alloh menjagamu. Jagalah Alloh niscaya kamu dapati Alloh di hadapanmu.jika engkau meminta maka mintalah kepada Alloh, dan jika engkau memohon pertolongan maka mohonlah pertolongan kepada Alloh. Ketahuilah, bahwa umat manusia ini bila semuanya bersatu  padu untuk member manfaat kepadamu, niscaya mereka tidak dapat memberimu manfaat kecuali dengan sesuatu yang telah Alloh tetapkan untukmu. Dan seandainya mereka bersatu padu untuk memberimu kemudaratan dengan sesuatu, niscaya mereka tidak dapat memberimu mudarat kecuali dengan sesuatu yang telah Alloh tetapkan atasmu. Pena (penulisan takdir-takdir Alloh) telah diangkat (dari tugas menulisnya) dan lembaran-lembaran (tempat dituliskannya takdir-takdir itu) telah kering.” (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi)
2.    Tetaplah tenang dan berdzikir kepada Alloh, seperti dalam firmanNya;
Orang-orang yang berimandan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Alloh. Ingatlah, hanya dengan mengingat Alloh-lah hati menjadi tentram.” (Ar-Ra’d:28)
3.    Bertawakal kepada Alloh: Perbaikilah sikap tawakal anda, serahkanlah urusan kepadaNya, ridhalah dengan ketetapanNya, kembalilah kepadaNya, bergantunglah kepadaNya. Cukuplah Alloh sebagai pelindung bagi anda dan yang mencukupi anda. Barangsiapa yang bertawakal kepada Alloh, maka Alloh akan mencukupinya. Sesungguhnya Alloh akan menyampaikan kepada tujuannya. Alloh telah menetapkan ketetapan segala sesuatu.
4.
    Jangan menunda-nunda pekerjaan hari ini untuk dikerjakan esok hari. Selesaikanlah tugas-tugasanda sesuai urutannya.
5.    Waspadailah dosa-dosa, karena itulah sumber kedukaan dan kesedihan, dan itu merupakan sebab kegundahan dan pintu musibah.
6.    Hayatilah firman Alloh ,
Maka sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudaha.” (Asy-Syarh: 5-6), satu kesulitan tidak akan mengalahkan dua kemudahan.
7.    Jadilah pemberani, teguh hati, kokoh jiwa, bercita-cita tinggi dan memiliki tekad terang.
8.    Berambisilah untuk berbakti kepada kedua orang tua, karena hal ini termasuk pintu-pintu kebahagiaan. Maka manfaatkanlah itu dan raihlah keberuntungan.
9.    Ketahuilah bahwa ragu-ragu dan larut dalam suasana merupakan sebab terbesar kegundahan. Maka setelah istikarah dan bermusyawarah, bertekadlah, berambisilah dan majulah.
10. Senantiasalah membaca doa penangkal duka, yaitu:
آلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ آللَّهِ أَلاَ بِذِكْرِ آللَّهِ تطْمَئِنُّ آلْقُلُوبُ
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” [Ar-Ra'd: 28]

11. Ketahuilah, bahwa kebahagiaan itu tidak terletak pada kedudukan (status social), tidak pula pada garis keturunan, tidak pula pada harta maupun emas, akan tetapi terletakpada agama, ilmu dan moral.
12. Jadilah pembaca Al-Qur’an, karena pembaca Al-Qur’an tidak akan mengelauhkan kegundahan, tidak pula kebosanan, kekosongan batin maupun kegelisahan jiwa.
13. Di antara penyebab kegelisahaan adalah menyia-nyiakan waktu, menunda-nunda taubat, menyakiti orang lain, durhaka terhadap orang tua dan menebarkan keburukan.
14. Istighfar bisa mengusir kedukaan dan kegelisahan, dan bisa membuka ketertutupan dan melapangkan dada.
(Risalah Qalaq ath-Thalibat)
Hukum Bunuh Diri: Bunuh diri adalah seseorang membunuh dirinya sendiri secara sengaja dengan cara apa saja. Perbuatan ini termasuk berdosa besar. Nabi Muhammad saw telah bersabda: “ Barangsiapa yang membunuh dirinya dengna sesuatu, maka ia akan diazab di dalam neraka jahannam selama-lamanya dan dikekalkan di dalamnya.” (HR.Muslim)
(Syaikh

1 komentar: