Senin, 05 September 2011

Wanita & Cinta Buta


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh

Setiap manusia pasti pernah jatuh cinta apalagi seorang wanita yang dimana nafsunya lebih besar ketimbang akalnya. Artikel ini saya ambil dari buku yang berjudul Fikih Wanita Menjawab 1001 Problema Wanita yang disusun oleh Khalid al-Husainan, didalam buku ini akan menjelaskan tentang Hakikat cinta buta dan bahayanya, Tanda cinta buta yang kufur dan syirik, Sebab-sebab cinta buta, Cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman dan terutama untuk saya sendiri selamat membaca…….. ^_^

1)      Hakikat Cinta Buta dan Bahayanya
-          Seorang bijak mengatakan, “Kegilaan adalah suatu seni, dan cinta buta adalah seninya”
-          Ada juga yang mengatakan, “ Berapa banyak orang yang dilanda cinta buta yang merusak harta, kehormatan dan jiwa serta menyia-nyiakan keluarga, kemasalahatan agama dan dunianya “
-          Seorang ulama ditanya tentang cinta buta terhadap ilusi-ilusi, ia mengatakan, “Hati yang lengah dari berdzikir kepada Alloh, lalu Alloh mengujinya dengan beribadah kepada selainNya. Maka hati yang lengah itu menjadi tempat bersarangnya setan.”
-          Orang yang dilanda cinta buta itu termasuk manusia paling sengsara, paling hina, paling sibuk dan paling jauh dari Rabbnya.
-          Ibnu Qayyim mengatakan tentang cinta buta, “Sepeti yang dinyatakan oleh para dokter, bahwa itu adalah penyakit was-was.. dan penyebabnya secara kejiwaan adalah menganggap baik dan berpikir…”

2)      Tanda Cinta Buta yang Kufur dan Syirik
Mendahulukan kerelaan yang dicintainya secara buta daripada keridhaan Rabbnya. Bila berbenturan antara hak yang dicintai secara buta dengan hak Rabbnya dan ketaatan terhadapNya, maka ia mendahulukan kerelaan yang dicintai secara buta daripada hak Rabbnya. (Imam Ibnul Qayyim). Maksudnya adalah bila kita lebih mencinta dan lebih mendahulukan kepentingan cinta butanya dibandingkan dengan kepentingan  Rabbnya itu adalah sebuah kesyirikan kenapa??? Karena hakikat tauhidnya telah hilang. Kalian pasti sudah tahu kan hakikat dari Tauhiddulloh (MengEsakan Alloh)

3)      Sebab-sebab Cinta Buta
-          Kosongnya jiwa dari dzikir kepada Alloh dan kecintaan terhadapNya. Jika tidak, maka barang siapa yang memenuhi hatinya dengan kecintaan kepada Alloh, ketakwaan kepadaNya dan berdzikir kepadaNya, maka ia tidak akan menemukan tempat dihatinya untuk mencintai yang selainNya. Demikian ini, karena pada Alloh terdapat pengganti dari segala sesuatu.
-          Ibnul FQayyim mengatakan, “Cinta buta pada ilusi adalah cobaan hati yang kosong dari kecintaan terhadap Alloh SAW.
Sarana-sarana informasi: sarana ini menampilkan film-film buruk dan kisah-kisah murahan yang mengandung pengaruh merusak, hal ini bisa menyebabkan penyimpangan dan merusak keutamaan serta menyebarkan kehinaan. Apalagi film-film saat ini yang tidak ada pernah ada nilai pendidikannya sama sekali yang ada adalah pengaruh buruk.
Penyimpangan dalam pengertian cinta dan kerinduan: Dimana ia mengira bahwa tidak ada kerinduan dan kecintaan kecuali yang membutakan pelakunya, yang menjadikannya hampir tidak pernah siuman dari mabuknya. Maksudnya ialah dimana pelakunya dimabuk cinta dan rindu yang seakan-akan dunia itu akan kiamat bila ia tidak berjumpa dengan yang dicintainya, yahhh ibaratnya terlalu over dalam mencintai manusia.
Telah hilang dari mereka pandangan: Bahwa kecintaan dan kerinduan yang paling mulia dan paling bermanfaat adalah “mencintai Alloh, RasulNya, kedua orang tua, orang-orang miskin, mencintai kesucian, keterpeliharaan, mencintai istri dan akhlak yang mulia.”
Rayuan-rayuan via telepon: Ini merupakan faktor terbesar yang menyeret kepada cinta buta. Wahai ukhti berhati-hatilah dengan rayuan karena kita mudah untuk dirayu kenapa??? Karena kita adalah makhluk oleh yang lembut yang sangat menyukai dengan yang namanya sanjungan. Jadi berhati-hatilah saat kalian berbaur dengan manusia jagalah hati kalian semoga Alloh selalu menjaga hati kita agar tak terjerumus kedalam cinta buta aamiin.
Melepaskan pandangan mata: Biasanya, bermulanya cinta buta adalah dari pandangan terhadap yang indah. Karena itu Alloh menyuruh wanita yang beriman dan laki-laki yang beriman untuk menjaga pandangannya yaitu dalam surah an-nur ayat 30-31.
Meniru secara membabi buta: Di antara manusia, ada yang membaca kisah-kisah tentang cinta buta, mendengarkan lagu-lagu yang menendangkan tentang cinta buta. Semua ini hanyalah satu periode yang nantinya akan bekelanjutan lalu terjerumus ke dalam cinta buta. Karena rasa keingin tahuan yang dihadirkan oleh media-media yang menghantarkan seseorang kepada cinta buta.
4)      Cara Mengatasinya
Berdoa: Merendahkan diri di hadapan Alloh SAW, tulus dan ikhlas dalam kembali kepadaNYa… Alloh akan menyembuhkannya dari penyakit ini.
Menjauhi yang dicintainya ( dirindukannya ): Hendaknya menjauhi yang dicintainya, tidak mendengar ucapannya dan tidak melihat apa-apa yang dapat mengigatkan kepadanya.
Menikah: Walaupun dengan orang yang bukan dicintainya. Karena didalam pernikahan terkandung kecukupan, berkah dan kesenangan.
Menjaga amal-amalshalih dan banyak berdzikir. Alloh SAW berfirman:
"Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munjkar.” (al-ankabut: 45).
Berpikir dan selalu ingat: Yaitu mengigat kematian dan kedahsyatannya, mengingat alam kubur dan kegelapannya, serta senantiasa menghadapkan diri kepada Alloh SAW.
Menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat: karena di antara penyebab cinta buta itu adalah kekosongan. Bahkan ada yang mengatakan, “Cinta buta adalah kesibukan orang yang kosong (menganggur). Bila ia disibukkan dengan seuatu yang menyibukkan hati selain  tentang yang dirindukannya, maka ia telah mengendalikan cinta dan bisa melupakannya.”
Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk temen-teman dan khususnya untuk saya sendiri sebagai pengingat saat lupa. terimakasih sudah membaca ^_^

Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar